Kijang Kapsul memang pernah merajai pasaran mobil keluarga di Indonesia, sederet kelebihannya membuat Mobil Toyota Kijang Kapsul ini menjadi mobil keluarga favorit. Mobil ini memang dihentikan produksinya pada tahun 2004 dan digantikan dengan Toyota Kijang Innova, meskipun demikian mobil ini masih memiliki penggemar dan diburu konsumen mobil second.
Toyota Kijang Kapsul
Kijang kapsul dengan 7 varian yakni SX, LX, SSX, LSX, SGX, LGX dan Kijang Kapsul Krista. Varian kijang tersebut diurutkan berdasarkan kualitas mobil dengan varian terendah dimulai dari tipe SX dan LX, Varian Deluxe SSX dan LSX, Varian Grand SGX dan LGX, dan varian tertinggi adalah Kijang Krista. Mesin kijang kapsul memiliki 4 tipe yakni, mesin bensin 1800 cc karburator, mesin bensin 1800 cc injeksi EFI, mesin bensin 2000 cc full injection, dan mesin diesel 2400 cc.
SX dan LX
Kijang Kapsul SX dan LX merupakan varian standart kijang kapsul generasi pertama, dengan mesin 4 silinder OHV dengan kapasitas silinder 1800 cc karburator, berbahan bakar bensin dan mampu menyemburkan tenaga maksimum 80 Ps pada 4800 rpm, dengan torsi maksimum 14,3 Kgm pada 2800 rpm. SX dan LX menggunakan sistem transmisi manual 5 percepatan dengan rasio gigi akhir adalah 4,100. Sistem kemudi dilengkapi power steering rack & pinion. Dengan panjang mobil total 4,245 meter memiliki radius putar minimum 4,7 meter, kapasitas tangki bahan bakar sebesar 55 lt. Sistem pengereman kijang kapsul tipe SX dan LX pada rem depan menggunakan cakram berventilasi tandem vacuum boster dan belakang menggunakan tromol tandem vacuum boster.
LSX dan SSX
Kijang kapsul SSX memiliki ukuran berbeda dengan LSX. LSX merupakan versi long dengan panjang 4495 mm sedangkan SSX hanya 4245, kijang kapsul tipe ini juga dilengkapi varian mesin diesel LSX-D dan SSX-D. Versi bensin menggunakan mesin 4 silinder OHV 1800 cc memiliki daya maksimum 84 Ps pada 4800 rpm, dengan torsi maksimum 14,6 kgm pada 2800 rpm, menggunakan bahan baker bensin dengan pasokan bahan bakar EFI.
Pada varian diesel memakai mesin 4 silinder SOHC dengan kapasitas silinder 2445 cc, memiliki daya maksimum 83 Ps pada 4200 rpm dengan torsi maksimum 16,3 Kgm pada 2400 rpm, menggunakan bahan bakar solar dengan sistem injection. Meskipun sudah terbukti kehandalannya sebagai mobil keluarga, tetapitetap saja Toyota Kijang Kapsul memiliki beberapa kekurangan.
Kekurangan Toyota Kijang Kapsul
- Konsumsi bahan bakar yang bisa dikatakan boros, mencapai 1:7 dalam kota dan 1:11 luar kota, sebagai perbandingan kijang innova memiliki efesiensi bahan bakar 1:8 untuk dalam kota dan 1:12 untuk luar kota, perbandingan lain dengan isuzu panther grand touring yang memiliki tingkat efesiensi bahan bakar mencapai 1:16 km untuk luar kota sedangkan dalam kota mencapai 1: 11
- Suspensi per daun pada kijang kapsul sering bermasalah.
- Karet Body pada Kijang kapsul sering retak bahkan mengelupas.
Karena tidak lagi diproduksi oleh Toyota sejak tahun 2004, maka Anda hanya bisa membeli Toyota Kijang Kapsul second.
0 komentar:
Posting Komentar